Memphis Grizzlies Pecat David Fizdale

Wednesday, November 29th, 2017

Memphis Grizzlies Pecat David Fizdale

Pelatih basket David Fizdale resmi dipecat Memphis Grizzlies setelah gagal membawa klub yang berdiri sejak tahu 1995 itu bertaji di pentas NBA 2017/2018. Pria kelahiran Los Angeles, California, Amerika Serikat tersebut menjadi sosok penukang ke-2 yang kehilangan pekerjaan di musim ini, setelah sebelumnya Earl Watson dipecat dari kursi kepelatihan Phoenix Suns pada tanggal 22 Oktober 2017 lalu.

Tak bisa dipungkiri, di bawah asuhan Fizdale, Memphis Grizzlies benar-benar tampil buruk di sepanjang NBA musim 2017/2018 dengan menelan 8 kekalahan beruntun. Rekor menang-kalah Memphis Grizzlies pada awal musim NBA terkini adalah 7-12.

Kepastian soal pemecetan Fizdale sendiri diumumkan langsung oleh Manager Umum Memphis Grizzlies, Chris Wallace, pada Selasa, 28 November 2017 WIB. Sementara ini, posisi kosong yang ditinggal pria berusia 43 tahun itu diisi asisten pelatih J.B. Bickerstaff.

“Setelah melakukan evaluasi secara menyeluruh, saya memutuskan sebuah perubahan di kursi pelatih karena diperlukan untuk melangkah maju dan memberi tim kesempatan terbaik untuk sukses pada musim ini dan seterusnya,” kata Chris Wallace, sebagaimana dikutip dari ESPN.

David Fizdale dipecat dari pekerjaannya sebagai pelatih tim tepat satu hari setelah membangkucadangkan bintang kepunyaan Memphis Grizzlies, yakni Marc Gasol, di kuarter empat, yang berakhir pada kekalahan 88-98 mereka dari Brooklyn Nets. Gasol sendiri kecewa besar terkait keputusan yang diambil Fizdale kala itu, padahal dirinya merupakan bintang utama di Memphis Grizzlies.

David Fizdale mulai menjabat sebagai Memphis Grizzlies sejak tanggal 29 Mei 2016 lalu, dan menjadi pelatih ke-13 dalam sejarah klub yang bermarkas di FedExForum tersebut. Selama menjadi penukang bagi Memphis Grizzlies, dia menorehkan rekor menang sebanyak 50 kali, dan kalah 51 kali.

Kegagalan Fizdale membawa Memphis Grizzlies bersinar di pentas NBA musim ini sendiri sejatinya cukup beralasan, mengingat sejumlah pemain andalannya di musim lalu seperti Zach Randolph, Vince Carter, dan Tony Allen memutuskan hijrah ke klub lain. Beban Fizdale kian berat lantaran point guard andalannya, Mike Conley, tertimpa masalah cedera tendon Achilles, dan absen sejak tanggal 17 November 2017.

-SH-


Leave a Reply